adventurer

KLUB ADVENTURER

Initiatives

Departemen PPA UIKB melalui KLIP PA Junior – Adventurer telah mengadakan beberapa inisiatif terkait pelayanan Klub Adventurer di Indonesia di antaranya: 

  • New Adventurer Club Curriculum Adaptation (NACCA) Indonesia

Departemen Pemuda Union Mission Indonesia Barat (WIUM) dan Union Conference Indonesia Timur (EIUC) telah membentuk tim untuk melakukan tinjauan rinci terhadap kurikulum baru Klub Adventurer setelah dirilis di seluruh dunia oleh GC Youth Department pada pertengahan Februari 2021.

NACCA Indonesia yang terdiri dari perwakilan Departemen PPA UIKB dan UKIKT dibantu tenaga ahli dari UNAI dan UNKLAB telah melakukan kajian secara komprehensif dan menyeluruh untuk memberikan rekomendasi kepada Departemen PPA SSD terkait beberapa hal yang juga perlu disampaikan lebih lanjut kepada GC Youth Department untuk mendapatkan penjelasan.

Hasil dari review ini dalam bentuk buku telah dicetak oleh IPH Bandung dan telah mulai didistribusikan ke klub dan jemaat-jemaat pada 3IPAC Niscala Cibubur (Juni 2023).

  • Adventurer Club Disabilities Project

Kurikulum Klub Adventurer terbaru juga memberikan banyak penekanan terhadap pembinaan anak-anak disabilitas dan berkebutuhan khusus. Beberapa segmen khusus di kurikulum baru ini memberikan kesempatan bagi anak-anak disabilitas untuk dapat terlibat dalam kegiatan pelayanan klub dengan anak-anak lainnya dengan program-program yang dimodifikasi agar tetap edukatif dan menyenangkan.

Departemen PPA UIKB dan KLIP-PA menindak-lanjuti hal ini dengan membentuk Adventurer Club Disabilities Project dengan tujuan:

    1. Mewadahi orang-orang tua anak-anak disabilitas agar dapat berdiskusi dan saling berbagi informasi 
    2. Mengembangkan metode-metode yang dapat diaplikasikan untuk pelayanan Klub Adventurer khususnya bagi anak-anak disabilitas
    3. Mengadakan pelatihan-pelatihan bagi para pembina untuk dapat memimpin kegiatan pelayanan anak disabilitas di klub dan gereja masing-masing

Saat ini Klub Adventurer menjadi percontohan dimana apabila hal ini telah berjalan dengan lancar maka proyek ini akan dapat dikembangkan untuk Klub Pathfinder.

  • 1st Indonesia Adventurer Club Camporee Niscala

3rd Indonesia Pathfinder Camporee (3IPAC) Niscala merupakan titik sejarah (milestone) tidak saja untuk Pathfinder tapi juga Adventurer karena telah menjadi event perdana perkemahan Adventurer se-Indonesia yang pertama.

Tercatat 900 lebih peserta Adventurer yang terdaftar resmi (walaupun jumlah yang hadir lebih dari angka resmi) dimana telah dilayani CEROS (Panitia Pelaksana) dengan sejumlah kegiatan kelas-kelas baik di Main Arena A dan B maupun di luar lokasi.

Para pembina Adventurer telah bekerja keras untuk mewujudkan terlaksananya acara perdana ini. Puji Tuhan, atas berkatNya perkemahan nasional pertama untuk Adventurer telah berjalan dengan baik.