adventurer

KLUB ADVENTURER

Courses

Terdapat beberapa kursus yang dapat diikuti khususnya oleh para Instruktur, Pembina dan Pengurus Klub Adventurer di jemaat-jemaat. Tujuan dari penyelenggaraan kursus dan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keahlian untuk Pembina serta memperkenalkan metode-metode baru yang dapat diterapkan di klub masing-masing.

  • Adventist Youth Ministry Training (AYMT) Basic Staff Training (BST) for Adventurer

Untuk melengkapi kemampuan pelayanan dan kepemimpinan di Klub Adventurer, tersedia juga kursus Basic Staff Training sebagai bagian dari AYMT untuk Klub Adventurer. AYMT dapat diikuti oleh anggota Pathfinder dari Guide hingga Kandidat Master Guide (CMG). 

Berbeda dengan Club Ministry Training BST untuk Pathfinder yang bahan-bahannya telah disediakan oleh General Conference, framework dan materi pelatihan untuk Klub Adventurer masih menggunakan bahan-bahan yang dipersiapkan dari North American Division (NAD) dalam format AYMT.

Bahan dan petunjuk penyelesaian CMT BST Adventurer dapat dilihat pada bagian Courses di website ini. 

Silahkan mengikuti pelatihan ini secara mandiri melalui eLearning yang disediakan oleh Departemen PPA UIKB melalui website cmt.pemudaadvent.id (bersertifikat).

  • Roles Certification for Adventurer

Roles Certification (RC) adalah kursus spesifik dari seri kepemimpinan dan pelayanan klub untuk memahami lebih jelas peran-peran penting yang dibutuhkan dalam menyelenggarakan kegiatan klub di jemaat. Peserta RC seharusnya telah menjadi Master Guide (karena untuk mempersiapkan diri menjadi pengurus klub) dan sudah menyelesaikan AYMT BST. 

Role Certification untuk Klub Adventurer mencakup: 

    1. Director Role Certification
    2. Instructor Role Certification
    3. Secretary/Treasurer Role Certification

Bahan dan petunjuk penyelesaian CMT RC Adventurer dapat dilihat pada bagian Courses di website ini. 

Silahkan mengikuti pelatihan ini secara mandiri melalui eLearning yang disediakan oleh Departemen PPA UIKB melalui website cmt.pemudaadvent.id (bersertifikat).

  • Implementasi/Roll out AYMT BST dan RC Tingkat Uni se-UIKB

Implementasi AYMT for Adventurer di UIKB dilaksanakan secara berjenjang dari tingkat Divisi ke Uni. Penting untuk mengingat bahwa inisiatif baru khususnya dalam pelayanan klub perlu dimulai dari tingkat yang lebih tinggi yang lalu dilaksanakan pada level di bawahnya. Pentingnya keseragaman dan keteraturan ini akan menghindari perbedaan pendapat terkait implementasi inisiatif baru di tingkat KONDAWIIL atau jemaat.

Tanggal Kegiatan
1 - 3 April 2022

Trainer Refresher Session (TRS) Tingkat Divisi untuk calon-calon presenter AYMT Tingkat Uni.

TRS ini diselenggarakan oleh Tim Koordinasi Pelayanan PA Junior SSD

April - Mei 2022
Pelaksanaan eLearning dan classrooms AYMT Tingkat Uni se-UIKB Batch I
November 2022
Pelaksanaan eLearning dan classrooms AYMT Tingkat Uni se-UIKB Batch II
December 2022
Pengerjaan Portfolio Role Certification
30 June 2023
Pemberian pin bagi peserta yang menyelesaikan RC di 3IPAC Niscala oleh Pdt. Ron Genebago

Mulai 2023, AYMT untuk Klub Adventurer telah dapat dilaksanakan di tingkat KONDAWIL. Sementara untuk CMT Role Certification akan dilaksanakan di tingkat KONDAWIL mulai Januari 2024. 

Silahkan menghubungi Direktur PPA Kondawil masing-masing untuk mengikuti AYMT di tempat masing-masing atau mendaftar dan mengikuti sertifikasi ini secara virtual di cmt.pemudaadvent.id (bersertifikat)